Kamis, 06 Januari 2011

Daneff's 2010 Top 10 Movies

Menanggapi beberapa permintaan teman- teman yang meminta baik secara langsung maupun melalui Private Message, saya ingin menulis film- film terbaik di tahun 2010. Pada note sebelumnya, saya telah merinci 10 film dengan perolehan terbesar di seluruh dunia. Untuk kali ini saya rada bingung, harus berdasarkan apa dalam menuliskan film- film terbaik di tahun 2010.

Sangat tidak etis apabila saya menuliskan urutan terbaiknya hanya mengambil dari sumber luar. Kalau seperti itu, teman- teman tidak perlu repot- repot membuka note saya. Lalu saya berfikir, wah lebih baik jika saya menuliskan film- film dengan rating terbesar yang pernah saya review di tahun 2010. Sekedar catatan, film tersebut harus saya review di tahun 2010.

Pastinya bakalan ada yang engga setuju dengan hasil reviewan ataupun pemilihan film- film berikut. Jadi perlu saya jabarkan mengenai faktor- faktor yang mempengaruhi nilai yang saya berikan:

1. Selera --> Bisa saja menurut anda Eclipse adalah film terbaik di tahun 2010, atau Iron Man 2, atau RED. Namun sekali lagi, ini tergantung dengan selera kita masing- masing.

2. Ekspektasi --> Biasanya film yang sudah mendapatkan ekspektasi terlalu tinggi, lalu hasilnya biasa- biasa saja akan mendapatkan rating lebih rendah daripada film yang dari awalnya sudah mendapatkan ekspektasi biasa- biasa saja.

Tanpa perlu berpanjang kali lebar sama dengan luas, maka saya akan menuliskan film- film dengan rating terbesar (dari saya) selama tahun 2010.

The Social Network

Rating : 9.5

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=456597933811

Tidak salah pilih jika film ini masuk ke daftar ini. Hampir semua orang mengakui keapikan film ini. Dialog yang bagus, naskah yang kuat, dan akting yang mumpuni menjadi kekuatan film ini. Ketika saya mereview film ini sayapun sudah menebak bahwa Jesse Eisenberg akan mendapatkan nominasi Oscar. Ternyata benar, yah mirip- mirip lah. Karena aktor muda tersebut berhasil mendapatkan nominasi Golden Globe untuk film ini.

Rapunzel/ Tangled

Rating : 9.5

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=471168173811

Walaupun bisa dikatakan gagal dalam efek 3Dnya, namun film animasi terakhir dari Perusahaan Animasi paling terkenal ini cukup memuaskan seluruh kalangan penonton. Ceritanya cukup lucu dan cukup seru untuk diikuti. Sayapun memasukan film ini dalam daftar film animasi klasik Walt Disney favorit saya.

Toy Story 3

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=406293448811

Film pelengkap (mungkihkah ga ada sekuelnya lagi?) trilogi kisah action figure- action figure bernyawa ini berhasil mencatatkan diri menjadi film paling laris selama tahun 2010. Kisahnya cukup menarik untuk dinikmati. Untuk ukuran film tentang "mainan", film ini memiliki tema yang cukup dewasa (bukan berarti bakal ngeliat Woody akan ML sama Jesse yah...). Sang sutradarapun dengan cerdiknya memasukan unsur twist yang tidak terduga di akhir kisah.

Sang Pencerah

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=434642288811

Ini adalah salah satu karya anak bangsa terbaik. Walaupun plot berpusat pada agama tertentu, namun jalinan cerita bisa dinikmati secara universal. Akting Lukman Sardi pun cukup berhasil membawakan tokoh pendiri salah satu organisasi terbesar di Indonesia ini. Sang sutradara yang baru saja memiliki momongan, Hanung Bramantyo, sekali lagi membuktikan spesialisasinya di genre religi.

Kick- Ass

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=395824183811

Yang menjadikan film ini sukses adalah penggarapan yang sangat unik dibandingkan dengan film dengan genre sejenis. Walaupun judul filmnya sama dengan tokoh sentral film ini, namun yang menjadi pusat perhatian adalah karakter Hit- Girl yang dibawakan oleh Chloe Moretz. Dara cilik tersebut berhasil menunjukan bakatnya yang saya perkirakan akan menyusul kesuksesan mantan aktris- aktris cilik lainnya, seperti Dakota Fanning dan Drew Barrymore.

Inception

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=415766633811

Sama halnya dengan The Social Network, hampir seluruh kalangan puas dengan karya masterpiece terakhir dari Christopher Nolan. Selain memiliki plot, dialog, dan akting yang bagus, film ini juga mampu menunjukan visualisasi yang tidak biasa. Selain itu, film ini memiliki ending yang agak terbuka. Maksudnya sang sutradara The Dark Knight tersebut membiarkan para penonton untuk mengintrepertasikan cerita menurut pemikiran masing- masing. Tidak percaya? Coba cari saja di dunia maya, berapa banyak analisa penonton akan kisah Inception ini.

How To Train Your Dragon

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=378433453811

Salah satu film animasi dengan efek 3D yang berani diadu. Kisahnya cukup universal. Belum lagi penggambaran karakter- karakter naga yang cukup unik. Jay Baruchel juga berhasil memberikan jiwa pada karakter Hiccup dengan menyumbangkan suaranya.

กวน มึน โฮ (Kwon-Muen-Ho)/ Hello Stranger

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=440099213811

Karya terakhir dari sutradara Thailand terbaik, Banjong Pisanyatanakol berhasil menyinggung fenomena TV Drama Korea yang sedang digilai kaum Hawa Asia. Cerita sangat menarik, dengan tidak menyebutkan nama tokoh utama sampai film habis. Akting kedua pemeran utamapun terlihat sangat natural. Apalagi ditambah kecantikan Nuengtida Sopon yang enak dilihat. Ending kisahpun cukup tidak terduga membuat film ini manis untuk dinikmati. Film ini sangat highly recommended.

Alice In Wonderland

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=344982868811

Mungkin banyak yang menimpuk saya dengan sepatu karena memasukan film ini dalam daftar film terbaik tahun 2010. Namun akting Johnny Depp dan visualisasi dunia Wonderland ala Tim Burton yang agak gothic membuat adaptasi kisah klasik karya Lewis Carrol ini beda dari biasanya.

Alangkah Lucunya (Negeri Ini)

Rating : 9

Daneff's Review : http://www.facebook.com/note.php?note_id=386046103811

Sebagai pelengkap list 10 film dengan rating terbaik tahun 2010, saya memilih karya terkahir sutradara Deddy Mizwar. Memang di atas kertas saja film sudah sangat menjanjikan, apalagi kekuatan akting aktor watak muda, Reza Rahardian yang sudah tidak disangsikan lagi. Ditambah dengan skenario yang lucu yang membuat film ini lebih menarik lagi.

Mudah- mudahan hasil penilaian saya ini cukup berkenan di hati teman- teman semua. Dan terima kasih atas kesetiaan teman- teman selama tahun 2010 yang selalu menunggu review- review saya. Saran dan kritik teman- teman selalu saya nantikan (melalui Private Message aja yah... hehehe...) agar review saya di kemudian hari lebih memuaskan. Jika teman- teman ada list 10 film terbaik versi sendiri, bisa ditulis di komen yah... hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar